Kurangi Keriput dan Masalah Kulit Wajah Lain

Kurangi Keriput dan Masalah Kulit Wajah Lain

Usia yang tidak lagi muda, dan sering terkena paparan sinar matahari, debu, kotoran, dan polusi, membuat kulit kita menjadi iritasi. Hal ini juga menyebabkan menurunnya kekuatan struktur kulit yang mengakibatkan timbulnya berbagi kerutan, flek hitam, komedo, dan jerawat. Untuk meminimalkan masalah kulit tersebut, ikuti tips berikut!

  • Menghambat Keriput
    Keriput tidak bisa dihindari dan dicegah. Yang bisa Anda lakukan adalah sedikit menghambatnya. Caranya dengan:
  • Usir Komedo atau Blackheads
    Ada dua macam komedo. Komedo putih dan komedo hitam. Komedo putih merupakan kumpulan lemak yang keluar dari dalam tubuh. Sedangkan komedo hitam adalah kumpulan lemak putih, tetapi sudah tercampur kotoran sehingga susah untuk keluar.
  1. Selalu membersihkan wajah dengan susu krim pembersih wajah, menjelang tidur dan saat bangun tidur. Oleskan krim pada wajah sambil memijatnya dengan cara memutar, lalu angkat dengan kapas.
  2. Pakailah masker jenis peel off seminggu dua kali, untuk mengangkat minyak dan kotoran pada wajah.
  3. Tidak ada salahnya untuk melakukan home peeling sebulan sekali. Peeling adalah untuk merontokkan kulit mati penyebab keriput, dan menipiskan flek-flek hitam. Peeling hanya boleh menempel pada kulit sekitar 3-5 menit saja, karena mengandung bahan aktif. Kalau terlalu lama menempel pada kulit, akan membuat kulit terkelupas dan kemerahan.
  4. Jangan lupa untuk selalu melapisi wajah dengan krim yang mengandung SUV Protector di pagi hari, untuk melindungi kulit dari sinar UVA & UVB yang membuat kulit menjadi terbakar.
  5. Pada malam hari, jangan lupa mengoleskan krim malam tipis-tipis. Guna krim malam adalah untuk menjaga kelembapan kulit pada saat mengalami regenerasi di malam hari saat Anda tidur.

Apa saja penyebab munculnya komedo?

  1. Kurangnya air di dalam tubuh kita.
  2. Sel kulit yang telah mati dan berlebih sehingga menyumbat pembukaan pori-pori.
  3. Produksi minyak yang berlebih pada wajah.
  4. Rutinitas pembersihan wajah yang kurang baik, menyebabkan minyak pada wajah tidak terangkat secara sempurna.
  5. Menggunakan scrub yang berlebih pada wajah.
  6. Terlalu banyak menggunakan kosmetik yang banyak mengandung minyak.
  • Cara menghilangkan komedo:
  1. Siapkan air panas yang mendidih, lalu uapi wajah Anda. Uap panas akan membuka pori-pori wajah sehingga Anda dengan mudah mencungkil komedo.
  2. Pada saat mencungkil komedo, gunakan alat pencungkil komedo yang telah dibersihkan dengan alkohol. Jangan pernah memencet komedo dengan tangan karena akan menimbulkan alergi dan menimbulkan bekas pada wajah.
  3. Setelah proses pencungkilan, bersihkan dengan pembersih wajah.
  4. Lalu, pakai masker yang biasa Anda pakai, untuk merapatkan kembali pori-pori yang telah terbuka tadi.
  5. Bilas dengan air bersih.
  • Kikis Flek Hitam
    Salah satu masalah yang paling sering terjadi pada sebagian besar wanita Asia, terutama yang berusia di atas 30 tahun, adalah timbulnya bintik hitam atau flek di wajah. Flek akibat pigmentasi kulit atau melasma bisa saja terjadi di bagian tubuh lain, tetapi memang paling sering kita jumpai di daerah wajah akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Pemakaian kosmetik yang kemungkinan besar mengandung merkuri dan asam salisilat pun akan membuat wajah terserang flek. Karena bila digunakan terus-menerus, kandungan merkuri akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitif terhadap sengatan matahari. Penyebab lain adalah seringnya mencuci muka dalam keadaan panas, atau dalam keadaan sedang berkeringat.
  1. Siapkan air panas yang mendidih, lalu uapi wajah Anda. Uap panas akan membuka pori-pori wajah sehingga Anda dengan mudah mencungkil komedo.
  2. Pada saat mencungkil komedo, gunakan alat pencungkil komedo yang telah dibersihkan dengan alkohol. Jangan pernah memencet komedo dengan tangan karena akan menimbulkan alergi dan menimbulkan bekas pada wajah.
  3. Setelah proses pencungkilan, bersihkan dengan pembersih wajah.
  4. Lalu, pakai masker yang biasa Anda pakai, untuk merapatkan kembali pori-pori yang telah terbuka tadi.
  5. Bilas dengan air bersih.

Kikislah flek hitam di wajah dengan:

  1. Scrub wajah secara teratur, dua minggu sekali. Butiran scrub yang halus akan mengikis kulit mati.
  2. Gunakan peeling sebulan sekali untuk menipiskan flek-flek wajah. Waktunya cukup 3-5 menit saja.
  3. Gunakan masker bengkuang seminggu dua kali. Efek sari bengkuang akan membuat wajah Anda terlihat segar, dan sari bengkoang akan mengangkat sel kulit mati serta mengecilkan pori-pori kulit.
  4. Gunakan masker dari teh. Kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh juga baik untuk mencegah penuaan dini dan menghilangkan flek hitam. Teh mengandung tanin yang sangat baik untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari. Caranya, inapkan teh kental semalaman. Setelah itu oleskan teh ke seluruh wajah dan biarkan mengering dengan sendirinya. Bilas dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit, lalu bilas sekali lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
  5. Anda juga dapat mencoba masker antiflek hitam yang mengandung sprilulina atau ganggang laut, yang berfungsi untuk mengangkat flek-flek hitam. Masker ganggang laut dapat Anda cari di toko-toko kosmetik.
  • Mengecilkan Pori-pori
    Kulit akan terlihat kotor dan kusam jika Anda mempunyai pori-pori yang besar seperti kulit jeruk. Keadaan ini umumnya dialami oleh mereka yang memiliki kulit berminyak atau masalah genetik.

Cara yang paling mudah dan dapat dilakukan di rumah adalah dengan mencuci muka Anda dengan air dingin, lalu gosokkan es batu secara perlahan ke seluruh permukaan wajah. Es batu dapat mengangkat kotoran yang tersumbat di pori-pori. Atau, gunakan masker yang berbahan dasar rumput laut, yang mampu mengecilkan pori-pori kulit. Gunakan seminggu dua kali.

Sumber : http://www.kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: