Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Silabus, Program Tahunan, dan Program Semester IPS Kelas VII (I) SMP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Silabus, Program Tahunan, dan Program Semester IPS Kelas VII (I) SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nomor : 01

SMP

:

Mata Pelajaran

:

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester

:

VII / 1

Standar Kompetensi

:

Memahami lingkungan kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar

:

Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi proses pembentukan , dan dampaknya terhadap kehidupan.

Alokasi Waktu

:

8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran :

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  1. Mengidentifikasi proses alam endogen.
  2. Mengidentifikasi proses alam eksogen.
  3. Mengidentifikasi dampak dari proses alam endogen dan eksogen.

B. Materi Pembelajaran

1. Pengertian tenaga endogen dan eksogen.

2. Jenis-jenis tenaga endogen dan eksogen.

3. Dampak dariu tenega endogen dan eksogen

C. Metode Pembelajaran

1. Ceramah bervariasi

2. Diskusi

3. Inquiri

4. Tanya jawab

5. Simulasi

6. Observasi / Pengamatan

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pertemuan 1

a. Pendahuluan

- Apersepsi : Buatlah kliping tentang terjadinya gempa bumi di Indonesia !

- Motivasi :

- Siswa diminta untuk saling bertukar kliping tentang gempa bumi tersebut, yang terjadi tahun 2005/2006.

b. Kegiatan inti

- Siswa dibagi dalam empat kelompok.

- Setiap kelompok diberi tugas untuk mengamati kliping:

- Kelompok 1 : Tsunami di Aceh.

- Kelompok 2 : Gempa di Yogya.

- Kelompok 3 : Gunung Merapi erupsi.

- Kelompok 4 : Tsunami di Pangandaran.

- Setiap kelompok membuat laporan hasil pengamatan.

- Setiap kelompok mempresentasikan di depan kelas hasil pengamatannya.

- Tanya jawab tentang perbedaannya.

c. Penutup

- Penilaian

- Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus.

2.Pertemuan 2

a. Pendahuluan

- Apersepsi : Sebutkan faktor-faktor yang berkaitan dengan tenaga eksogen.

- Motivasi : Siswa diajak keluar kelas untuk mengamai terjadinya pelapukan, dan pengendapan yang ada di sekolah

b. Kegiatan inti

- Tanya jawab tentang arti tenaga eksogen.

- Mengamati dan tanya jawab tetang berbagai jenis tenaga eksogen dan dampaknya bagi kehidupan.

- Tanya jawab .

c. Penutup

- Penilaian

- Refleksi : Siswa membuat kesimpulan tentang tenaga eksogen.

E. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Koran

2. Majalah

3. Globe

4. Lembar Penilaian Psikomotorik

5. OHP

6. Buku geografi yang relevan

F. Penilaian

1. Teknik Penilaian:

a. Tes Tulis.

b. Tes unjuk kerja.

2. Bentuk Instrumen

a. Tes uraian.

b. Tes identifikasi.

c. Uji petik kerja produk

3. Soal/instrumen:

Tes uraian :

(1) Sebutkan unsur-unsur tenaga endogen?

(2) Berikan masing-masing 2 contoh gejala tektonik, vulkanik, dan seisme ?

(3) Jelaskan 3 bentuk tenaga eksogen dan akibat yang ditimbulkan ?

(4) Sebutkan 3 dampak tenaga endogen bagi kehidupan manusia ?

(5) Sebutkan 3 dampak tenaga eksogen bagi kehidupan manusia ?

Uji petik kerja produk :

- Buatlah tulisan mengenai gempa bumi di Indonesia ?

Untuk lebih lengkapnya silahkan download file dibawah ini :

RPP IPS VII smt1.doc

RPP IPS VII smtr2.doc

Promes.doc

Prota.doc

Silabus IPS VII.doc

pemetaan sk dan kd.doc

pemetaan penilaian. doc

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: